Thursday, August 28, 2014

Alur Pendaftaran CPNS 2014

selamat malam sobat, akhir akhir ini lagi rame berita pendaftaran cpns (calon pegawai negeri sipil) 2014. mungkin begitu kita ketik cpns 2014 di search engine sangat banyak situs yang keluar bahas cpns 2014, ada yang dari blog, ada yang pake nama instansi tapi domain komersial, ada situs berita, banyak sekali. nah, sebenernya situs resminya cpns 2014 itu ada di situs resminya Menpan dan bisa diakses di web panselnas (klik), di situs tersebut dijelaskan syarat pendaftaran, alur pendaftaran, formasi yang bisa diajukan pendaftaran, jadwal pendaftaran juga tersedia.

halaman muka dari web https://panselnas.menpan.go.id/

https://panselnas.menpan.go.id/
nah, dari halaman muka tersebut bisa dilihat mengenai hal PENTING yang harus dibaca sebelum lanjut ke tahap selanjutnya, ada 7 Catatan PENTING yang harus diperhatikan. hal baru yang membedakan dengan sistem penerimaan cpns 2014 ini ada pada tahap tes/ujian. pada tahun ini sistem ujian akan dilaksanakan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) atau istilah kasarnya tes online (ujian online). untuk informasi resminya bisa dilihat di web menpan (klik) 

kita lanjut ke tahap 2.
tahap 2 ada Alur Pendaftaran, secara umum alur pendaftaran digambarkan sebagai berikut
alur pendaftaran (panselnas.menpan.go.id)
ada setidaknya 9 alur yang harus ditempuh untuk ikut registrasi, akan saya jabarkan satu persatu.
1. Memahami Informasi Umum tentang Proses Pendaftaran. Informasi umum proses pendaftaran seperti saya jelaskan diatas ada di halaman muka web panselnas yang mencakup 7 informasi umum yang HARUS dipahami terlebih dahulu.
2. Memahami formasi cpns yang tersedia beserta persyaratan kualifikasi. setelah memahami tahap 1, di tahap 2 diharuskan memahami dan mengerti formasi yang ditetapkan masing-masing instansi baik instansi pusat maupun daerah.
3. menentukan formasi yang dipilih. nah, setelah mengerti formasi masing-masing instansi selanjutnya kita pilih formasi yang sekiranya masuk dengan kualifikasi pendidikan kita. misalkan anda lulusan sarjana teknik lingkungan, bisa dilihat di daerah mana yang membutuhkan tenaga anda lalu bisa lanjut ke proses pengisian formulir registrasi.
4,5,6. tahap 4,5, dan 6 adalah proses pengisian formulir registrasi sesuai dengan formasi yang dibituhkan, pengisian formulir registrasi memerlukan data sesuai KTP (NIK, Nama, Tempat dan Tanggal Lahir dan tambahan alamat email valid) alamat email valid akan dijelaskan pada tahap selanjutnya.
7. tahap 7 konfirmasi pendaftaran melalui email. nah, fungsinya email valid tadi adalah untuk konfirmasi pendaftaran yang kita lakukan. artinya jika kita mendapat email konfirmasi maka pengisian formulir registrasi tadi berhasil.
8. setelah konfirmasi email nanti akan diarahkan ke portal instansi maupun portal daerah sesuai dengan formasi yang kita pilih.
9. di portal daerah/instansi akan menginformasikan alur berikutnya dari tempat tes, jadwal tes hingga pengumuman,

ya kira kira begitu yang dapat saya share dulu mengenai alur pendaftaran cpns 2014. dan jika masih merasa bingung jangan malu untuk mengajukan pertanyaan ke sini dan komplain ke sini. semua link web yang saya cantumkan adalah web resmi dari kemenpan (www.menpan.go.id)

Semoga Bermanfaat. Salam.

No comments:

Post a Comment